Tips Cara Perawatan Kompresor Angin

Cara Merawat Kompresor Angin Agar Awet Tahan Lama- Kompresor angin pada umumnya banyak di gunakan mekanik di lingkungan perbengkelan.

Kompresor Angin sangat penting dalam proses kerja mekanik.Dengan memiliki kompresor angin ini akan membuat pekerjaan montir lebih cepat dan efisien. Pengunaan kompresor angin di lingkungan mekanik sangat di perlukan salah satunya untuk membersihkan saringan udara pada proses maintenance/perawatan.

Ada beberapa tips atau cara untuk merawat kompresor agar awet digunakan yang bisa dilakukan.Berikut Tips Cara Merawat Kompresor Angin Agar Awet Tahan Dan Lama :

1. Hindarkan kompresor dari hujan/air maupun sinar matahari secara langsung (letakan di tempat terlindung).

2. Perhatikan pengisian tangki, harus lebih besar dari debit penggunaannya

3.Sebaiknya motor memiliki tenggang waktu yang cukup untuk hidup dan mati, minimal 5-10 menit.

4. Sebelum menghidupkan kompresor sebaiknya lakukan pengecekan terhadap belt, baut, mur dan komponen lain yang terpasang pada alat. Jangan hidupkan alat kompresor bila belt terlihat kendor dari biasanya. Kencangkan baut dan mur apabila ada yang kendor.

5. Periksa alat dari kotoran atau sampah yang menempel terutama pada bagian belt, jangan sampai ada sampah yang mengganggu komponen bergerak pada kompresor.

6. Sebaiknya kompresor ditempatkan pada bidang yang rata, jauh dari jangkauan orang banyak dan tentunya bersih dari debu.

7. Ketika menggunakan kompresor selalu periksa keadaan pressure gauge untuk mengetahui tekanan udara yang terkandung pada tabung kompresor.

8. Setelah menggunakan kompresor sebaiknya udara sisa yang terkandung dalam tabung kompresor dibuang hingga habis. Ini dilakukan sebagai pencegahan supaya udara tersebut tidak mengembun dan menjadi air. Air dapat menyebabkan karatan pada logam dan lama kelamaan akan merusak kompresor itu sendiri.

9.7.Pastikan motor Off jika pressure gauge menunjuk 8 bar dan kembali On pada 5 bar (untuk kompresor berkapasitas 12 bar akan Off jika pressure gauge menunjuk 12 bar dan kembali hidup On pada 8 bar) 8.Untuk kompresor engine, matikan secara manual dengan engine switch off.

Jadwal Pengecekan Dan Perawatan Kompresor Angin:

Jadwal Pemeliharaan dan Pencegahan
Prosedur Harian Mingguan Bulanan Setiap Tahun (200 jam)
Cek tingkat tekanan oli
Periksa kebocoran oli
Menguras air dalam tangki
Cek suara dan getaran aneh
Periksa semua kebocoran angin
Periksa belt
Periksa filter udara, bersihkan atau ganti
Periksa belt jika perlu
Periksa koneksi kebocoran
Servis pompa atau mesin

Kesimpulan dari Table diatas jika di lakukan dengan baik akan memungkinkan pengoprasian kompresor lancar,awet dan tahan lama.

Baca Juga
  • Cara Membaca Kode Ban Tyre Mobil Dan Motor
  • Penyebab Mobil Diesel Bergetar Dan Berasap Hitam Pekat
  • Cara Membuat Tool Link Generator Untuk Google Drive Onedrive Dan Dropbox
  • Saatnya Ganti Fuel Pump Mesin Diesel Sendiri
  • Untuk Mr Nelson di MDR Ofice.Permintaan kompresor angin merek "Swam" Seken hen dari otomologiP: yang di pesan kemarin sila download folder gambarnya Klik disini! atau lihat videonya di situs penyimpanan video terpopuler saat ini yaitu YouTube pada chanel Otomologi. TONTON SEKARANG Demikian artikel tentang "Cara Merawat Kompresor Angin Agar Awet Tahan Lama", Tips perawatan sederhana namun bagus di lakukan akan membuat mesin senantiasa terjaga dan selamat di gunakan.Silakan bantu share artikel ini ke teman-teman anda di media sosial dan jangan lupa kunjungi lagi blog otomologi untuk mendapatkan artikel update terbaru lainya.
    Jumpa Artikel Berguna?Donasi Via Paypal

    You Might Also Like:

    Tambahkan Komentar Sembunyikan