Cara Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil

Cara Pasang Amplifier Audio Mobil Dan Subwoofer Mobil - Kali ini kita akan meng-optimalkan aksesoris sistem audio pada kendaraan mobil truk atau bus agar lebih maksima enak di dengar dan yang pasti mantab. Pasang ampli(Amplifier) dan Subwoofer, Umumnya pada mobil cangih keluaran terbaru kelas premium saat ini sudah di lengkapi dengan sistem audio seperti Amplifier dan subwoofer. Namun, tidak semua mobil terbaru di bekali dua komponen aksesoris audio tersebut. Jika mobil anda bukan termasuk golongan mobil canggih kelas premium, maka dapat diduga bahwa pada sound sistem-nya adalah head unit bawaan aslinya.

[ Baca Juga : Unit Iklan Google Adsense Yang Sesuai Untuk Blog Amp ]

Sistem audio bawaan pabrik yang di sebut HU (head Unit), umumnya cukup berkelas dan memiliki kualitas yang cukup bagus. Namun, jika anda merasa head unit bawaan aslinya ini kurang memuaskan selera anda dan ingin mengoptimalkan lagi supaya sistem audio anda lebih masimal, anda bisa menambahkan lagi komponen audio sistem pendukung, iaitu dengan menampahkan Amplifier dan subwoofer.

Jika demikian yang anda inginkan, mungkin anda dapat membeli satu unit ampli dan satu unit subwoofer di toko onderdil atau toko electronik terdekat. Namun, ada baiknya anda perhatikan beberapa tips yang perlu anda ketahui ketika hendak membeli ampli (Amplifier) dan subwoofer.

  1. Memilih Jenis Amplifier Yang Sesuai Kebutuhan
  2. Untuk project audio sistem sederhana ini kita bisa memilih satu unit ampli dengan saluran 4 chanel saja.
  3. Memilih Subwoofer Dan Speker yang tepat
  4. A. Ukuran Subwoofer - Hal ini karena kita akan menempatkan memasang subwoofer pada kendaraan, sebaiknya untuk sobwoofer di sesuaikan dengan kendaraan agar lebih praktis saat pemasangan. Silakan tentukan besar tipis dan kedalaman subwoofer yang sesuai. Ukuran sobwoofer yang paling populer adalah subwoofer 10" serta 12 inchi. Tapi pilihan lain adalah 6,5, 8, 13 , 15 serta 18 inci.
    B. menyesuaikan Amplifier dengan speaker dan subwoofer - Di sarankan mengunakan subwoofer power berdasarkan apa yang direkomendasikan RMS power rating-nya. Jika Impedansi Subwoofer mobil dapat dinilai pada 2 ohm 4 ohm atau daya 8 ohm, maka untuk menyesuaikan subwoofer power rating dengan amplifier pastikan peringkat daya diperkirakan untuk daya ohm-nya sama.

Cara Pasang Audio Sistem Amplifier Dan Subwoofer Pada Mobil

Untuk pemasangan Ampli dan subwoofer ini sebenarnya tidaklah begitu sulit. Kita hanya perlu tetap pertahankan HU Head Unit dan speaker-speaker bawaan aslinya. Biasanya standard penempatan untuk speaker-speaker pada mobil terletak di ujung bawah panel-panel pintu depan dan belakang (type non sedan) atau di ujung bawah panel-panel pintu depan dan di atas rak di belakang kursi jok belakang (type sedan). Sedangkan untuk tweeter, pada beberapa jenis mobil sudah ada yang sudah dipasang di area pilar A. Bila Anda tidak menjumpainya, berarti bisa diduga speaker-speaker yang dipakai pada mobil Anda berjenis coaxial. Bentuk susunan origialnya sistem audio pada mobil, jika di buat diagram kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini:

Gambar diagram diatas adalah menunjukan desain awal/original sistem audio unit yang umum pada mobil. Sistam audio cukup simple yang hanya terdiri dari HU (Head Unit) dengan ampli built in, biasanya berdaya 100W, yang cukup untuk drive 2 unit 2 way split speaker dan 2 unit 3 way coaxial speaker.

[ Baca Juga : Marudi Regatta Festival Dan Cerita Pemburu Pengal Kepala ]

Agar audio sistem menjadi maksimal, kita bisa menambahkan satu unit Amplifier 4ch dan Subwoofer. mari kita lihat lagi susunan diagram setelah di tambahkan Amplifier 4ch dan Subwoofer di bawah ini.

Design ini merupakan design paling sederhana dalam melakukan upgrade audio sistem mobil. Dengan tetap mempertahankan HU Head Unit, split speaker, coaxial speaker seperti ini, Maka kita tidak perlu keluarkan banyak budget namun sudah memiliki sistem audio yang mantab.

[ Baca Juga : Keyboard Shortcuts Untuk Membuat Postingan Blogger ]

Panduan Instalasi Amplifier Audio Mobil

Sebelum memasang ada beberapa hal yang perlu di ketahui, diantaranya adanya jalur power supply dengan 3 terminal yaitu Rem, B+ dan GND. Ketiga terminal tersebut memiliki arti sebagai berikut :

  1. B+ atau +12V
  2. Berfungsi untuk kabel power positif dari Aki dengan kemampuan arus besar. Harus mengunakan fuse kurang lebih 100A.
  3. GND atau Ground
  4. Pada power amplifier Audio Mobil untuk sambungan kabel ke Body.
  5. REM pada power amplifier
  6. Berfungsi untuk meremote hidupnya power amplifier. jikaterminal untuk rem ini tersambung dengan kabel tulisan remote yang terdapat pada tape atau head unit maka jika kita hidupkan HU (head Unit) secara otomatik ampli juga hidup.
penting : Buka Kepala Battrey Negative - setiap kerja kelistrikan pada kendaraan untuk menghindari konslet.

Langkah Pemasangan Amplifier Audio Mobil


1- Siapkan kabel merah untuk di sambungkan dari aki dan pasang sekring(Fuse) kurang lebih 50 cm setelah aki, selanjutnya menghubungkan kabel yang keluar dari sekring(fuse) ke amplifier + 12Volt DC.

2- Selanjutnya, pasang kabel ground pada pada salah satu baut yang ada dibodi mobil, pastikan baut baik kondisinya, akan lebih baik diamplas permukaan bodi hingga terlihat plat besi.

3- Langkah seterusnya, lepas head unit serta pasang kabel REM remote pada head unit sambungkan ke amplifier, kemudian pasang RCA jack yang juga terletak dibagian belakang head unit, pastikan tepat posisinya antara speaker kiri dan speaker kanan.

4- Lanjutkan memasang kabel speaker (gunakan isolasi kertas serta beri tanda untuk + dan -, kemudian pasang kabel speaker pada terminal + amplifier serta - amplifier gunakan sekun serta solder agar kuat dan rapih.

5- Kemudian memasang subwoofer. Pasang kabel subwoofer + serta - dan sesuaikan juga yang di amplifier sama seperti itu posisinya.

6- Pastikan amplifier sudah terpasang dengan duduk dengan baik.

7- Pekerjaan kita hampir selesai dan selanjutnya pasang kembali kabel min - aki, set volume pada head unit low,Selanjutnya naikan tahap demi tahap, tes suara yang dihasilkan terhadap masing-masing speaker.

8- Terakhir, kalau suara yang dihasilkan pada masing-masing speaker terdengar cukup baik, silakan rapihkan pekerjaan anda kemudian on amplifier sesuai dengan karakter suara anda inginkan.
Baca Juga :
  • Pakai Template Amp Html Agar Cepat Di Terima Google Adsense
  • Cara Embed Video Facebook Dan Youtube Di AMP HTML
  • Cara Mudah Menganti Spider Kit U-Joint Mobil Sendiri
  • Demikian tadi artikel kami tentang Cara Pasang Amplifier Audio Mobil Dan Subwoofer. Kami berharap artikel ini dapat bermanfaat terutamanya bagi yang sedang mencari informasi tentang Cara Pasang Subwoofer Atau Amplifier Audio Mobil atau informasi yang berkaitan, misalnya Cara Pasang Head Unit Sistem Audio Mobil. Jika terdapat salah tulis, salah ejaan atau terdapat penyampain yang kurang di fahami kami sebelumnya minta maaf. Jagan lupa kunjungi kembali blog Otomologi agar tidak ketingalan update postingan terbaru seputar otomotive dan technologi. Silakan bantu share...
    Jumpa Artikel Berguna?Donasi Via Paypal

    You Might Also Like:

    Tambahkan Komentar Sembunyikan