Cara Buka Usaha Bengkel Mobil Dan Motor Untuk Pemula

Tips Sederhana Membuka Usaha Bengkel Mobil Dan Motor Bagi Pemula - Ingin membuka usaha otomotive tanpa perlu banyak modal, anda mungkin bisa mengikuti jejak salah seorang pemilik bengkel mobil yang bernama Bpk Kliwon. Dia adalah pemilik bengkel kendaraan dan alat berat sekaligus melayani jual beli spare part kendaraan dan jual beli mobil dan truk di daerah Semarang,Jawa Tengah.

Menurut Pak Kliwon, usaha membuka bengkel menurutnya cukup menjanjikan, asalkan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Yang paling penting, kita harus memiliki kemahiran sebagai montir karena itu adalah sebagai modal utama. Jika hanya mendirikan bengkel saja tidak sulit selama kita punya banyak modal,mendirikan tanpa memikirkan perkembanganya. Agar bengkel bisa berkembang dengan baik modal saja tidak menjanjikan, banyak sesuatu yang harus di rencanakan dengan matang. Tanpa niat dan perencanaan yang matang, mustahil sebuah bisnis yang kita dirikan akan dapat berkembang sebagaimana yang diharapkan, termasuk bisnis bengkel yang persaingannya semakin ketat. Kemahiran teknik otomotive sangat di butuhkan selain itu ada beberapa yang perlu di persiapkan untuk mengawali bisnis bengkel mobil yang di antaranya adalah sebagai berikut

[ Baca Juga : Cara Pasang Amplifier Dan Subwoofer Audio Mobil ]

Tips sederhana Mendirikan Bengkel Mobil Bagi Pemula

1- Pilih Lokasi Yang Stategis -memilih lokasi yang tepat akan menentukan ramai tidaknya bengkel dikemudian hari. Ada tiga hal yang harus diperhatikan ketika pemilihan lokasi. Yang pertama, jangan memilih lokasi yang dekat dengan fasilitas umum yang membutuhkan suasana tenang, rumah sakit, tempat ibadah, puskesmas, sekolah dan fasilitas umum lainnya. Kedua, pilih lokasi yang lingkungan sekitarnya banyak masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor, atau banyak dilalui motor/mobil. Dan yang ketiga, pilih lokasi mudah dijangkau, mudah diakses dan mudah dilihat oleh siapapun yang berlalu-lalang. Usahakan lokasi yang dipilih memiliki lahan parkir yang cukup luas, guna mengantisipasi membludaknya konsumen yang datang dalam satu waktu, dan untuk menunggu antrean sebelum mendapatkan giliran pelayanan.

[ Baca Juga : Cara Mudah Pasang Kaca Thinted Film Mobil ]

2- Mementukan Pasaran -walaupun sama-sama berbentuk usaha bengkel kendaraan bermotor, tetapi sebenarnya ada empat jenis bengkel yang berbeda satu dengan yang lainnya, berdasarkan dari market atau pasaran-nya. Keempat jenis bengkel kendaraan bermotor tersebut terdiri dari:
  1. Bengkel Resmi
  2. Bengkel Umum
  3. Bengkel Tune Up
  4. Bengkel Aksesoris & Modifikasi
Bagi pemula, akan lebih baik mengawali karier bisnisnya dengan market bengkel umum dan bengkel tune up karena modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bengkel umum ini memberikan pelayanan ganti oli dan sparepart kendaraan, perbaikan ringan baik mesin maupun kelistrikan, serta service standard, seperti pembersihan karburator, pembersihan filter udara, cek busi,dan sebagainya. Dan bengkel tune up,memberi pelayanan service kepada masalah engine bahkan tranmission gearbox.

[ Baca Juga : Unit Iklan Google Adsense Yang Sesuai Untuk Blog Amp ]

3- Perlengkapan dan Peralatan Kerja- Menyiapkan Perlengkapan dan mencukupi peralatan kerja menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari keberhasilan bisnis bengkel yang anda kelolo. Selain untuk kesempurnaan hasil pekerjaan, lengkapnya peralatan juga dapat membangun kepercayaan para konsumen terhadap bengkel. Peralatan inipun secara berkala juga harus di perbarui, karena pada masa-masa tertentu diperlukan jenis peralatan baru untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi otomotif, disamping teknologi yang digunakan kendaraan bermotor itu sendiri juga senantiasa mengalami perkembangan. Jika peralatan yang ada sangat terbatas, bisa jadi sulit bagi konsumen untuk dapat percaya terhadap kualitas kerja dari sebuah bengkel dan tentunya akan mempengarui masa depan bengkel.

[ Baca Juga : Cara Kerja Turbo Charger Dan Fungsinya ]

Demikian tadi artikel kami tentang tips sederhana usaha bengkel/workshop, dalam sebuah usaha tentu tidak akan bisa lepas dari resiko, dan bila Anda sudah yakin dengan rencana buka bengkel mobil, maka silahkan analisa kembali beberapa point penting berikut ini; modal usaha, visi misi, trik yang akan di gunakan, prospek lokasi sewa tempat usaha bengkel mobil, strategi usaha bengkel mobil, persiapan, struktur organisasi usaha bengkel mobil (sekiranya di perlukan) termasuk manajemen, peralatan dan ingat kembali latar belakang / tujuan Anda ingin merintis usaha bengkel mobil untuk menambah semangat. Jangan lupa kunjungi kembali blog otomologi agar tidak ketingalan update artikel terbaru seputar otomotive dan tehnologi. Silakan bantu share..
Jumpa Artikel Berguna?Donasi Via Paypal

You Might Also Like:

Tambahkan Komentar Sembunyikan