Usaha Produksi Vulkanisir Ban Peralatan Vulkanisir Dan Bahannya

Usaha Produksi Vulkanisir Ban Peralatan Vulkanisir Dan Bahan-Bahan Vulkanisir- Informasi Lengkap Untuk Yang Ingin Buka Usaha Jasa Vulkanisir Ban Lengkap Dengan Peralatan Vulkanisir,Bahan Vulkanisir, Harga Alat Vulkanisir Bahan Vulkanisir Dan Cara Vulkanisir Ban.

Ban kanisir atau ban vulkanisir adalah salah satu yang sangat diincar oleh para pemilik truk atau sopir angkutan umum,angkutan besar karena diniai memiliki harga yang sangat ekonomis dibandingkan bila membeli baru secara langsung. kebutuhan pengunaan alat transportasi di berbagai sektor juga terus meningkat. Pembangunan proyek-proyek sektor perkebunan,pertanian dan sebagainya memerlukan alat tranportasi seperti mobil dan truk. Mobil angkutan truk tidak bisa di pungkiri lagi akan terus meningkat pengunaanya.Sebut saja mobil pribadi, harga mobil sekarang sudah mampu milik sehingga tak heran jumlah kendaraan mobil di jalan terus meningkat setiap tahunya.

Menilai dari gambaran keadaan pasar tersebut maka ini bisa dijadikan awal niat untuk memulai usaha vulkanisir ban.Vulkanisir ban merupakan alternatif dari ban asli yang mana tentu saja adalah tambal sulam ban yang rusak atau yang lama dengan karet baru. Sifat peruntukannya adalah supaya ban yang mungkin robek atau tipis tidak perlu harus diganti dengan yang baru, tetapi bisa diakali dengan menambal dengan karet yang kuat sehingga bisa di gunakan lagi. Dengan begitu juga bisa mengurangi limbah ban.

Baca Juga:
  • Tips Merawat Kompresor Angin
  • Ketahui Masalah Mesin Diesel Dari Warna Asap
  • Penyebab Mobil Diesel Bergetar Dan Berasap Hitam Pekat
  • Cara Kerja Commonrail Diesel Engine
  • Saatnya Ganti Fuel Pump Mesin Diesel Sendiri
  • Melihat tujuannya daripada vulkanisir ban ini, maka tak heran bila sekilas saja sudah dapat dijadikan patokan usaha unggulan bagi segelintir orang. Mengapa disebut usaha unggulan? Karena perlu modal besar..?karena harga 1 matras vulkanisir ban untuk truk engkel bisa mencapai 20 jutaan. Tetapi di samping itu keuntungan yang diperoleh dari para pengusaha vulkanisir ban sangatlah besar. Bisa mencapai 50-60 %. Dipotong dengan listrik dan karyawan masih ada sisa sekitar 40%. Menarik bukan? Pengolahan ban vulkanisir atau repair ban menjadi ban ini ada dua prinsip iaitu panas dan dingin.

    Perbedaan Prinsip Vulkanisir Cara Panas dan dingin

    Memahami arti dari vulkanisir ban dingin di bandingkan dengan vulkanisir ban panas.

    1- Vulkanisir ban dingin adalah pengolahan ban karet bekas atau lama atau yang rusak menjadi terlihat baru dengan cara ban dibersihkan, digosok lalu ditempeli dengan lembaran karet baru YANG BERBATIK alias telah ada lariknya. Kemudian setelah ditempel dengan karet yang berbatik tersebut baru langkah selanjutnya adalah memanaskannya pada matras molding dengan jangka waktu tertentu hingga dirasa bahwa lem dan karet telah menyatu padu.

    2- Vulkanisir ban panas adalah pengolahan ban karet bekas atau lama atau yang rusak menjadi terlihat baru dengan cara dibersihkan, digosok lalu ditempeli dengan lembaran karet baru yang BELUM BERBATIK alias belum ada lariknya. Kemudian setelah ditempel dengan karet tersebut baru langkah selanjutnya adalah memanaskannya pada matras molding dengan waktu tertentu DIMANA matras molding itu adalah bentuk larik batiknya yang akan membentuk dan menembus pada karet baru tadi.

    Jadi sama-sama tetap melalui proses pemuaian atau pemanasan . Rata-rata sekarang para pengusaha vulkanisir lebih menyukai cara yang pertama yakni kanisiran dingin/vulkanisir dingin sebab tidak terlalu beresiko pada bentuk larik yang bermacam-macam.

    Rata-rata waktu pemanasan yang diperlukan adalah 90 menit. Ditambah dengan proses penyiapannya menjadi total sekitar 2 jam untuk vulkanisir satu ban saja.

    Segi Kualitas Ban Vulkanisir Prinsip Dingin Dan Panas

    Banyak yang keliru membuat penilaian, mengatakan bahwa Ban Vulkanisir Dingin lebih bagus dan lebih kuat dari Ban Vulkanisir Panas, ada juga yang mengatakan bahwa harga Ban proses dingin lebih mahal dari yang proses panas. Pendapat ini sama sekali TIDAK BENAR, karena Ban Baru dari pabrik ban di proses sistem panas, Ban pesawat terbang juga hanya diproses dengan sistem Vulkanisir Panas. Pendapat yang salah diatas seakan-akan ingin mengatakan kalau Vulkanisir sistem Dingin lebih baik dari Ban Baru. Jadi,kualitas tergantung pada yang di sebutkan di bawah ini:
    1. DAYA KONSTRUKSI Ban tergantung dari Ply Rating (lapisan benang) yg ada pada tiap ban dan dibuat oleh pabrik ban dimana ban tersebut diproses.
    2. DAYA LEKAT karet Vulkanisir tergantung dari pada proses pengerjaan dan bahan dasar Ban bekasnya.
    3. DAYA JELAJAH tergantung dari pada kwalitas karet vulkanisir baik panas maupun dingin
    Jadi perbedaaannya adalah Vulkanisir Proses Dingin hanya memilih casing-casing Ban yang bagus. Saat ini banyak pelaku usaha yg kurang bertanggung jawab memaksakan proses Vulkanisir dingin pada casing yang sudah kurang layak. Tetapi masih ada juga pelaku usaha yang tidak bersedia mengerjakan proses vulkanisir pada casing-casing ban yg kurang layak, untuk dingin maupun untuk proses panas.

    Jumpa Artikel Berguna?Donasi Via Paypal

    You Might Also Like:

    Tambahkan Komentar Sembunyikan